MAKALAH
DONAT UBI UNGU
NAMA KELOMPOK NIM NO.ABSEN
1. ABDUL
FARID 12156307 47
2. ARIS
MUNANDAR 12156085 39
3. FARHATUL
KOMARIAH 12154721 13
4. RISTI
RISTIAWANTI 12156409 52
5. ROYNALDO 12156456 54
6. SHINTA
NOVIA 12156399 51
BINA
SARANA INFORMATIKA
MANAGEMANT
INFORMATIKA JATIWARINGIN
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan puji serta syukur atas kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga pada akhirnya
penulis dapat menyelesaikan Makalah Entrepreneurship ini dengan baik. Dimana
Laporan ini penulis sajikan dalam bentuk buku sederhana. Adapun judul penulisan
Makalah ini yang penulis ambil adalah sebagai berikut :
DONAT UBI
UNGU
Tujuan penulisan Makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat nilai mata
kuliah Kuliah Entrepreneurship pada semester 1 (satu) Program Diploma III
(D.III) AMIK BSI.
Dengan tulus penulis berdoa agar semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan Makalah ini mendapat limpahan rahmat dan karunia dari Allah SWT dan
penulis juga berharap semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
Penulis menyadari dalam penulisan Laporan Makalah ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi
kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga Laporan Makalah
ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca yang
berminat pada umumnya. Aamiin Ya Robbal ‘alamin.
Bekasi, 24 November 2015
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………….1
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………..4
Bab
I Pendahuluan ……………………………………………………………………………6
1.1. Umum ……………………………………………………………………………………..6
1.2.Khusus
……………………………………………………………………………………...7
1.3.Sistematika permasalahan
………………………………………………………………….7
1.4 Profil Usaha
………………………………………………………………………………..8
Bab II
Analisa Usaha ………………………………………………………………………...9
2.1.Prespektif masa depan
usaha ……………………………………………………………...9
2.2.Analisa persaingan
………………………………………………………………………..9
2.3.Segmen pasar yang
dimasuki …………………………………………………………….10
Bab III
Deskripsi Tentang Usaha ………………………………………………………….11
3.1.Produk atau jasa yang
dihasilkan ………………………………………………………...11
3.2.Jasa pelayanan ……………………………………………………………………………11
3.3.Ruang lingkup usaha
……………………………………………………………………..11
3.4.Profil pengelola dan
perlengkapan ……………………………………………………….11
3.5.Perlengkapan usaha
………………………………………………………………………12
Bab IV
Rencana Produksi dan Pemasaran ………………………………………………13
4.1.Proses produksi …………………………………………………………………………13
4.2.Peralatan pengelolaan
dan sumber ………………………………………………………14
4.3. Penetapan Harga ………………………………………………………………………..14
4.4.Pelaku distribusi ………………………………………………………………………..15
4.5.Promosi dan pengembangan
produk ……………………………………………………15
4.6.Permasalahan
…………………………………………………………………………...17
4.7.Alternatif permasalahan
………………………………………………………………...17
Bab V Kesimpulan dan Saran
…………………………………………………………...18
5.1. Kesimpulan
……………………………………………………………………………18
5.2. Saran-Saran
……………………………………………………………………………18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Umum
Seiring perkembangan pasar saat
ini,usaha pembuatan donat menarik untuk ditekuni,biasanya donat terbuat dari
bahan dasar tepung terigu. Kebanyakan untuk memperoleh tepung terigu impor
terlebih dahulu. Padahal sumber daya Indonesia sangat melimpah,misalnya ubi
ungu. Ubi Ungu ini dapat dibuat sebagai bahan donat karena teksturnya yang
sangat lembut dan kandungan gizinya yang baik.
Usaha donat dengan bahan yang
berbeda perlu dibuat,selain untuk menambah variasi donat dan
untuk memenuhi asupan gizi,terutama bagi penderita diabetes.Dengan alasan
tersebut kami ingin membuat donat yang terbuat dari ubi ungu, dimana Ubi ungu
merupakan sumber karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Kandungan lainnya
adalah lisin, Cu, Mg, K, Zn (rata-rata 20%) , vitamin (vitamin A, vitamin C,
thiamin/ vitamin B1), mineral, dan riboflavin. Kandungan mineral ubi ungu
diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).
Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.
Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan antosianin bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.
Pigmen warna ungu pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan karena dapat mengabsorbsi
polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan sel-sel
darah. Ubi ungu juga mengandung serat pangan alami yang tinggi, prebiotik,
kadar Glycemic Index rendah, dan oligosakarida.
Oleh karena itu kami tertarik untuk mendirikan usaha donat ubi ungu(donat ungu)
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan
praktis,bergizi,enak,berkualitas,halal dan terjangkau bagi seluruh lapisan
masyarakat. Di samping itu usaha dagang tersebut dapat menciptakan lapangan
pekerjaan bagi seseorang yang belum memiliki pekerjaan.
Usaha yang dimaksudkan dalam
makalah ini adalah usaha makanan donat yang menggunakan ubi ungu yaitu tanaman
herbal yang baik bagi kesehatan tanpa menggunakan bahan kimia dalam
pembuatannya. Oleh karena itu,kami akan berusaha dan tetap optimis dengan
produk yang akan kami produksi untuk dijual dimasyarakat dan akan laku di
pasaran.
Dengan usaha
yang dimulai dengan sederhana ini, apabila kami berhasil memasarkan dan usaha
yang kami dirikan berkembang dan dikenaloleh masyarakat luas, maka untuk
meningkatkan kemajuan dari produk kami selanjutnya kami akan menambah proses
produksi dan meningkatkan kualitas dari produk kami sehingga dapat
didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia.
1.2.Khusus
Entrepreneurship adalah sebuah bidang yang ditekuni
oleh manusia berilmu yang mempunyai kemampuan khusus, tentu saja dalam hal ini
yang sudah di tekuni dan dipelajarinya, seorang wirausaha haruslah kreatif dan
inovatif dalam menjalankan wirausaha, biasanya kewirausahaan menerapkan tentang
kemandirian, dalam hal ini kemampuan seorang wirausaha terletak pada bidang
masing-masing yang sudah di tekuni, bidang tersebut bisa terkategorikan dengan
kemampuan dan skill masing-masing setiap individu yang melakoninya, Jadi menurut
saya kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan
sesuatu yang kreatif dan inovatif serta mandiri, diharapkan seorang wirausaha
berguna bagi dirinya sendiri dan oranglain.
Untuk artian dari Etika dapat di artikan sebagai sifat ataupun perilaku seorang manusia, sedangkan profesi merupakan suatu kemampuan seseorang yang ditekuni sebagai pekerjaannya, bisa di simpulkan dalam hal ini keduanya berhubungan sangat erat dengan kewirausahaan jadi etika profesi adalah suatu sikap yang di miliki oleh seorang wirausaha untuk menjadikan seorang pelaku wirausaha yang profesional dan mandiri, intinya kewirausahaan harus di barengi dengan etika profesi supaya bisa menghasilkan profesionalitas yang di akui semua orang.
Untuk artian dari Etika dapat di artikan sebagai sifat ataupun perilaku seorang manusia, sedangkan profesi merupakan suatu kemampuan seseorang yang ditekuni sebagai pekerjaannya, bisa di simpulkan dalam hal ini keduanya berhubungan sangat erat dengan kewirausahaan jadi etika profesi adalah suatu sikap yang di miliki oleh seorang wirausaha untuk menjadikan seorang pelaku wirausaha yang profesional dan mandiri, intinya kewirausahaan harus di barengi dengan etika profesi supaya bisa menghasilkan profesionalitas yang di akui semua orang.
1.3.Sistematika permasalahan
Apa bila seseorang sedang menyatai enaknya sambil
menyemil bagaimana apabila tidak ada cemilanan?
Bagaimana cara mengatasi mesalah tersebut, jawabanyak
cukup memesan donat ubi ungu kami dengan cara online dan kami akan mengantarkan
ke rumah anda
1.4
Profil Usaha
Jenis
Usaha
: Makanan Ringan (cemilan)
Berdiri
: Tanggal 03 Oktobe 2015
Blog :
Dalam proses produksi yang kami lakukan kami
mempunyai tempat yang menjadi basecamp yaitu bertempat di Rumah Shinta Novia yang beralamat
jl.rawa bebek rt002/01 No.
BAB II
ANALISA USAHA
2.1.Prespektif
masa depan usaha
Bisnis Donat Ubi Ungu merrupakan, prodak yang di buat dari makanan
rumahan , prodak ini memang belum langka di pasaran, karena kebanyakan orang di
luar sana membuat donat dari kentang , atau dengan bahan lain nya.
maka
dari pada itu kami mempunyai rencana untuk membuka usaha ini . dengan cara yang
berbeda , dari yang biasa nya dan selain
dapet di cari bahan-bahan pembuatan
donat ubi ungu kami bisa juga
mendapatkan bahan-bahan pembuatan tersebutdengan mudah dipasaran.
2.2.Analisa persaingan
Persaingan dalam dagang tidak pernah bisa dan tidak
perlu dihindari. Menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk dapat membendung
dan memenangkan persaingan. Ibarat pepatah, "Ada gula ada semut",
begitulah keadaannya. Semakin bisnis booming, semakin menarik perhatian
pengusaha lain. Mereka ramai-ramai nimbrung dan karenanya tidak heran
persaingan menjadi sangat ketat dan dalam keadaan begitu ketat, orang gelap
mata, melakukan all out agar
tetap eksis.
Sudah dapat diduga bahwa pada
akhirnya satu per satu gulung tikar karena dalam bersaing, yang lazim dilakukan
dan paling mudah adalah memakai harga, dengan mengecilkan bahkan meniadakan
keuntungan, sementara harga pokok dan biaya operasi semakin meningkat.
Menghadapi persaingan memerlukan banyak ide dan pemikiran yang tidak dapat
dilakukan oleh satu dua orang saja. Ajak serta mereka yang terkait dan bahkan
termasuk calon pengguna produk. Kerahasiaan harus tetap dijaga, oleh karena
itu, tetap perlu disimpan hal-hal yang bersifat keputusan yang krusial, hanya
top manajemen yang boleh mengetahuinya. Manfaatkan internet. Anda dapat
memperoleh informasi apa saja yang Anda butuhkan dengan melakukan browsing memakai
search engine atau browser yang begitu banyak dapat menampilkan
informasi. Pakailah lebih dari satu browser, untuk saling melengkapi dan
sebagai cross check validitas sebuah informasi.
2.3.Segmen
pasar yang dimasuki
Karena usaha kami berada di sekitar
lingkungan mayarakat, segmentasi yang kami bidik adalah siswa pulang
sekolah,para mahasiswa/I di kampus, para pejalan kaki yang pulang kerja sore
hari bahkan bisa meluas ke masyarakat sekitarnya. Banyak dari siswa . Selain
itu banyak kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut, baik dari
kalangan para siswa, bahkan masyarakat sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan
tersebut, telah terdapat beberapa usaha sejenis yang berada di darerah tempat
saya namun perusahaan tersebut masih terpisah antara jarak beberapa rumah. Selain itu rata – rata
memiliki kelemahan dalam hal promosi, pelayanan, harga dan lokasinya jauh dari
kawasan sekolah. Oleh karena itu kami melihat bahwa ini merupakan peluang yang
cukup baik.
Rencana Pemasaran :
Rencana Pemasaran :
1.
Donat Ubi Ungu
BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA
3.1.Produk
atau jasa yang dihasilkan
Produk-produk yang dapat kami tawarkan adalah makanan
yang dibuat dari ubi ungu yang berkualitas sederhana dan sehat .
3.2.Jasa
pelayanan
Ø Melayani
pelanggan dengan ramah
Ø Terima Jasa
delivery
3.3.Ruang
lingkup usaha
Usaha kami bergerak dalam ruang lingkup penyediaan
makanan ringan (siap saji). dengan produk yang ditawarkan disesuaikan dengan
kebutuhan konsumen. Disamping itu kami juga menyediakan jasa seperti yang telah
disebutkan diatas.
3
3.5.Perlengkapan usaha
1. Tempat Produksi
2. Perlengkapan Dapur
3. Toples /tempat kue
4. Buku Agenda beserta Pulpen
BAB IV
RENCANA PRODUKSI DAN PEMASARAN
4.1.Proses
produksi
1. Memasok barang ditempat/ kios langganan.
2. Memiliki tempat langganan untuk memesan barang.
2. Memiliki tempat langganan untuk memesan barang.
Baha-bahan membuat donat ubi ungu ;
a. 300 gram tepung terigu protein
tinggi
b. 1 Sachet Pengembang Kue
c.
35 gram gula pasir
d.
15 gram susu bubuk
e.
150 gram ubi ungu kukus, haluskan
f.
1 butir telur
g.
150 ml air es
h.
30 gram margarin
i.
Minyak untuk menggoreng
j. Gula halus secukupnya
Cara
pembuatan donat ubi ungu
1.Kupas terlebih dahulu ubi ungunya
2.Lalu kukus, dan tunggu kurang
lebih 15 menit
3.Masukan terigu, gula, susu,
blueband secukupnya
4.Lalu aduk hingga merata
5.Campurkan telur, vanilli dan
Fernifan
6.Sesudah adonan jadi tunggu kurang
lebih satu jam
7.Kemudian cetak adonan tersebut
menjadi bulat seperti donat
8.Sesudah itu, masukan adonan yang
sudah di cetak kedalam minyak goring yang
panas
9.Tiriskan adonan tersebut
10. Lalu campur adonan yang sudah
jadi kegula bubuk
11. Adonan tersebut siap disajikan
4.2.Peralatan
pengelolaan dan sumber
1. satu (1) buah baskom (untuk
mengadoni)
2.satu buah wajan, spatula & sumpit
untuk menggoreng
3. satu buah gunting ,cetakan
donat.
4. Buku agenda untuk mengelola masukan dan
keluaran barang
4.3. Penetapan Harga
Laporan pemasukan dan pengeluaran
|
NO
|
TANGGAL
|
KETERANGAN
|
DEBET
|
KREDIT
|
|
1
|
3 Oktober
|
Modal
awal
|
60.000
|
-
|
|
2
|
8 Oktober
|
Produksi
Donat sebanyak 30 buah
|
-
|
30.000
|
|
3
|
8 Oktober
|
Mendapat
Penghasilan Donat
|
45.000
|
-
|
|
4
|
15
Oktober
|
Produksi Donat
sebanyak 15 buah
|
-
|
15.000
|
|
5
|
15
Oktober
|
Mendapat
Penghasilan Donat
|
22.500
|
-
|
|
6
|
22
Oktober
|
Produksi
Donat sebanyak 15 buah
|
-
|
15.000
|
|
7
|
22
Oktober
|
Mendapat
Penghasilan Donat
|
22.500
|
-
|
|
8
|
3
Desember
|
Produksi
Donat sebanyak 30 buah
|
-
|
30.000
|
|
9
|
3
Desember
|
Mendapat
Penghasilan Donat
|
45.000
|
|
|
Jumlah
|
195.000
|
90.000
|
||
Penetapan harga
Total Biaya produksi : Jumlah produk = Rp 90.000 : 120 buah donat
=
Rp 750 di bulatkan menjadi 1000
Keuntungan (30%) =
30%xRp1000 = 300
Harga per donat =
1000 + 300 = 1300
Selisih =Rp
1500 – Rp 1300 = Rp 200
Maka harga per donat adalah
Rp.1.500
4.4.Pelaku distribusi
a.
Kami membuat kue di tempat produksi kami
b.
Menjual barang tersebut secara ecrana atau per satuan
kepada konsumen
4.5.Promosi dan pengembangan produk
Pemasaran
yang paling mudah dan murah adalah dari mulut ke mulut. Dimulai dari
orang-orang terdekat. Menjalin Komunikasi dengan Orang Lain Maksudnya agar
tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha,
tentunya mata-mata dalam ati positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan
informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi
sangatlah penting selain mempermudah
mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran. Strategi
penjualan personal (Personal Selling). Cara ini memanfaatkan relasi kami dan
pelanggan yang merasa puas terhadap jasa kami untuk menjalankan promosi.
Sehingga secara otomatis terjadi promosi dari mulut ke mulut yang dijalankan
oleh para mitra bisnis yaitu para pelanggan kami.
Promosi dengan menggunakan sarana. Yaitu dengan mengguakan internet (Blog / WEB ) karna jaman sudah semakin canggih. Tujuannya agar informasi produk sampai pada konsumen.
Promosi dengan menggunakan sarana. Yaitu dengan mengguakan internet (Blog / WEB ) karna jaman sudah semakin canggih. Tujuannya agar informasi produk sampai pada konsumen.
Untuk
pemesanan melalui blog/web anda dapat membuka blog kami yaitu:
Pengembangan
Produk yaitu
Produksi
yang kami lakukan tidak terpaku terhadap produk-produk yang sudah biasa ada
saja, akan tetapi kami akan terus malakukan pengembangan terhadap produk yang
kami buat. Baik dalam hal mutu dan jenis barang yang ditawarkan. Hal ini dapat
dilakukan dengan melakukan survey tentang kebutuhan para konsumen yang sedang ompute
di masyarakat, atau omp juga dilakukan dengan mengikuti keinginan pelanggan.
Sehingga para pelanggan merasa terpuaskan dan akan terus kembali.
4.6.Permasalahan
Mengalami kendala dalam pengiriman yang begitu jauh
dan keadaan jalan yang macet sehingga
memakan waktu sudah cukup lama, mencari ubi ungu nya agak susah. Selain itu
Hambatan-hambatan yang ada Jadi lebih amannya Anda menyediakan stok tidak
terlalu banyak apabila donat tidak laku atau tidak habis Di samping hal
tersebut, tentunya kini makin maraknya penjualan donat, dan pastinya omputer
pula persaingan harga.
4.7.Alternatif permasalahan
Menghubungi customer apabila dalam pengiriman terjadi
penghambatan/ kendala yang tidak terduga saat di perjalanan.
BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1.Kesimpulan
Kewirausahaan
berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, manusia
unggul, berbudi luhur, berani dan berwatak agung.di dalam kamus besar bahasa
Indonesia itu dikatakan bahwa kewirausahaan adalah:
a. Orang yang pandai atau
berbakat mengenali produk baru.
b. Menentukan cara produksi
baru.
c. Meyusun operasi untuk
mengadakan produk baru.
d. Mengatur permodalan
operasinya serta memasarkannya.
Usaha
berarti perbutan amal, berupa sesuatu, bekerja atau berusaha. Jadi wira usaha
secara etimologi berarti pejuang yang berbuat sesuatu. Bagi para sarjana ilmu omputer
tentunya untuk menjaga etika profesi yang memang harus di jaga demi harga diri.
5.2.Saran-saran
a. Usaha ini menguntungkan bagi anda. Karena selain
praktis dalam usaha, kita juga menghemat tenaga.
b. Peluang usaha ini sangat besar, anda tinggal mengatur bagaimana mencari tempat yang strategis agar pelanggan anda tetap nyaman.
b. Peluang usaha ini sangat besar, anda tinggal mengatur bagaimana mencari tempat yang strategis agar pelanggan anda tetap nyaman.
How to Play Baccarat - Online Rules - Wolverione
BalasHapus› play › play How to play Baccarat is a popular game that combines luck, luck and skill. Learn how to play 바카라 Baccarat for free online. Learn how 온카지노 to choegocasino play Baccarat for fun in Michigan and online.